Beranda » 'Asteroid Hanya Lewati Bumi, Bukan Menabrak'

'Asteroid Hanya Lewati Bumi, Bukan Menabrak'



Headline
space.com
Sebuah asteroid raksasa ‘hanya’ akan melayang melewati bumi dalam beberapa hari ke depan. Mungkinkah hal ini membuat isu tentang kiamat 2012 akan semakin memupus?
Dilansir dari space.com,asteroid 4179 Toutatis yang berjarak dengan bumi sekitar 3 mil atau 5 kilometer saja akan semakin memperbesar bentuknya dalam jarak 4,3 juta mil (7 kilometer) dari bumi selama pergerakan yang akan terjadi pada hari ini, Rabu (12/12).
Asteroid Toutatis pertama kali dilihat pada 1934 dan secara resmi ditemukan pada 1989. Asteroid ini melakukan satu perjalanan mengelilingi matahari setiap empat tahun.
Sebuah lembaga bernama The Minor Planet Center di Cambridge, Massachussets menggolongkan Touatis sebagai asteroid berbahaya, yang berarti dapat menimbulkan ancaman bagi bumi di masa depan.
Para peneliti secara umum mengatakan benturan apapaun yang disebabkan oleh benda luar angkasa dengan lebar sekitar satu kilometer akan berdampak global yang akan mengubah iklim di dunia selama bertahun-tahun lamanya.
Sebagai perbandingan, asteroid yang menghapus keberadaan dinosaurus dari bumi 65 juta tahun yang lalu berukuran sekitar 6 mil (10 kilometer).
Menurut para peneliti, jarak asteroid Toutatis saat ini tersebut terlalu jauh untuk dapat menimbulkan dampak sekecil apapun pada permukaan bumi, tapi cukup dekat untuk dapat menjadi tontonan menarik menggunakan teleskop canggih.
Dengan menggunakan teleskop canggih, gerakan asteroid itu dapat dilacak dan dilihat oleh para ‘pengamat langit’ di seluruh dunia termasuk kita lewat video streaming, mulai dari hari ini hingga Kamis besok.
Penasaran seperti apa? Langsung saja klik ke tautan berikut. [ikh]



Powered by Blogger.