Beranda » Kenapa Nama-Nama Itu Disebutkan?

Kenapa Nama-Nama Itu Disebutkan?



Khulafaur Rasyidun yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib adalah sosok-sosok yang mulia dalam umat ini. keutamaan mereka begitu banyak dan begitu popular sehingga tak perlu rasanya saya menulisnya lagi.
Namun ada pertanyaan. Kenapa sih kita sebagai umat islam sering mendengar khotib-khotib mendoakan keempat sosok mulia tadi di atas-atas mimbar-mimbar Jumat?
*Syaikh DR. Shalih Al-Fauzan ditanya:
هل ذكر الخلفاء الراشدين الأربعة في خطبة الجمعة أمر واجب أم لا؟
Apakah menyebutkan Khulafaur Rasyidun yang empat (Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali) dalam khutbah Jumat perkara yang wajib atau tidak?
Beliau menjawab:
الترضي عن الخلفاء الراشدين في خطبة الجمعة، هذا من عمل المسلمين، ومن عقيدة أهل السنة والجماعة الترضي عن أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم عمومًا، ومحبتهم وموالاتهم، والخلفاء الأربعة، خصوصًا لما لهم من الفضل والسابقة في الإسلام، ولأن بهذا مخالفة للرافضة، قبحهم الله الذين يبغضون أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم، ولا سيما الخلفاء الراشدين، فأهل السنة والجماعة يترضون عنهم في خطبة الجمعة، مخالفة للرافضة، وعملًا بقوله تعالى: {وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ} [الحشر: 10] .
Mendoakan keridaan bagi Khulafaur Rasyidun  dalam khutbah Jumat adalah termasuk amalan kaum muslimin. Dan termasuk akidah Ahlussunnah wal Jama’ah yaitu mendoakan keridaan bagi para sahabat Rasulullah صلى الله عليه وسلم secara  umum. Mencintai serta membela mereka dan juga Khalifah yang empat secara khusus. Yang demikian disebabkan keutamaan dan terdahulunya mereka masuk islam. Dan juga karena amalan ini merupakan penyelisihan terhadap syiah rafidhah-semoga Allah membalas kejahatan mereka-yang membenci para sahabat Rasulullah, apalagi Abu Bakar, Umar dan Utsman.
Adapun Ahlussunnah mendoakan keridaan Allah bagi mereka dalam khutbah Jumat sebagai penyelisihan terhadap syiah rafidhah dan sebagai bentuk pengamalan firman-Nya: {Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.} (QS. Al-Hasyr: 10)
(Majmu Fatawa Syaikh Shalih Al-Fauzan juz 1 hal 271 Penerbit Dar Ibni Khuzaimah cetakan pertama 1424 H/2003M Riyadh)
* Syaikh DR. Shalih Al Fauzan adalah ulama yang jadi rujukan saat ini di Kerajaan Saudi Arabia, termasuk ulama senior dan menjadi anggota Al Lajnah Ad Daimah (Komisi Fatwa di Saudi Arabia). Beliau adalah lulusan Doctoral dari Al Imam Muhammad bin Su’ud University (Riyadh-KSA) dalam bidang fikih. Semoga Allah senantiasa menjaga dan memberkahi umur beliau….

Abdullah Al-jakarti



Powered by Blogger.