Beranda » Imam Syafi’i

Imam Syafi’i



Sekedar berbagi dengan Anda semua tentang Seorang Tokoh yg menjadi IMAM bagi sebagian besar kaum muslimin..
Ya Beliau Adalah Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i Al-Quraisyi atau yg lebih dikenal dengan Nama IMAM SYAFI’I ,Beliau Lahir di Ghazzah,pd thn 150 H,bertepatan dengan wafatnya Imam Abu Hanifah.
Sedari kecil Beliau sudah menjadi Yatim dan hidup dlm satu keluarga yg miskin,tp itu tidak menjadikan beliau rendah diri ,apatah lg malas ,malah sebaliknya beliau begitu giat mempelajari hadis dari ulama-ulama hadis yg banyak terdapat di makkah,pada usianya yg masih belia beliau pun juga telah hafal Al-Qur’an.
Di usia beliau yg ke-20,beliau meninggalkan mekkah guna belajar ilmu fiqh dari Imam Malik di Yaman,pun juga beliau ke iraq untuk memperdalam ilmu fiqh dari murid imam abu Hanifah yg masih ada.
Setelah Imam Malik wafat (179 H),beliau kemudian pergi ke yaman ,menetap dan mengajarkan Ilmu di sana.mahzab beliau mulai dikenal tatkala Harun Al-Rasyid telah mendengar kehebatan beliau dan mengundang beliau ke baghdad.
Tak lama setelah itu ,Imam Syafi’i kembali ke Mekkah dan mengajar rombongan Jama’ah Haji yg datang dari berbagai penjuru ,melalui mereka inilah ,mahzab Syafi’i menjadi tersebar luas ke penjuru dunia.
Pada Tahun 198 H,beliau pergi ke negeri mesir,beliau mengajar di masjid Amru bin As ,beliau juga menulis kitab Al-Um,Amali Kubra,kitab Risalah,dan Ushul Al-fiqh,adapun dalam hal menyusun kitab Ushul Fiqh beliau Orang pertama yg mempelopori penulisan dalam Bidang tersebut.
Beliau wafat dimesir dan di makamkan di sana pd tahun 204 H ,meski Umur beliau tak lama Tapi Ilmu yg beliau tinggal kan tak pudar ditelan masa hingga sekarang dan Insya Allah sampai Anak cucu kita kelak masih bisa mempelajarinya.
Semoga bermanfaat
Salam
 FIQIH Lima Mazhab karya Muhammad Jawad Mughniyah.
Sazlie Raiz





Powered by Blogger.