Beranda » Mengupas Kiamat Desember 2012

Mengupas Kiamat Desember 2012



13552425561007909171 

Dunia geger saat kabar bahwa akan terjadi kiamat di desember 2012 ini. Banyak isu berseliweran di berbagai media massa di dunia. Apalagi Hollywood ikut meramaikan wacana tersebut dalam sebuah film fiksi ilmiah dan menjadi box office. Para ahli agama, ilmuwan sampai ke paranormalpun ikut berbicara tentang isu kiamat tersebut. Benarkah hal itu akan terjadi di bulan ini? Dan bagaimana itu bisa diketahui?
Awal mula isu tersebut adalah perhitungan kalender Suku Maya. Suku yang dalam peradaban kuno dunia, adalah suku yang sudah sangat maju, dengan peradabannnya. Tetapi juga suku yang misterius, karena dikatakan muncul tiba tiba dengan kecermelangannya dan hilang dengan misterius.
Bagaimana kalender Suku Maya bisa meramalkan Kiamat dan kenapa jatuh di bulab desember 2012 ini? Suku yang dulu berada di daerah Yukatan, Selatan Meksiko sekarang, mempunyai kepercayaan besar akan pengaruh benda benda angkasa terhadap kehidupan manusia. Dengan dasar kepercayaan tersebut, disusunlah penanggalan atau kalender. Menurut peneliti Suku Maya, Dr. Jose Arguelles, seorang sejarahwan Amerika, kalender suku bangsa maya ini, mirip sekali dengan kalender bangsa Tiongkok versi Zhou Yi. Di dalam bukunya, The Mayan Factor: Path Beyong Technology, Arguelles mengatakan bahwa, dengan melihat kalender Suku Maya, sistim galaksi tata surya kita sedang mengalami ‘The Great Cycle’ (siklus besar) yang membutuhkan lima ribu dua ratus tahun lebih. Waktunya dari 3113 SM sampai 2012 M. Dalam siklus besar ini, tata surya dan bumi sedang bergerak melintasi sebuah sinar galaksi (Galatic Beam) yang berasal dari inti galaksi. Diameter sinar secara horizontal ini ialah 5125 tahun bumi.
Suku Maya berkeyakinan bahwa semua benda angkasa di dalam galaksi, bila sudah mengalami reaksi dari sinar galaksi, akan terjadi perubahan total. Dalam istilah mereka disebut Penyelarasan Galaksi (Galatic Synchronization). The Great Cycle ini terbagi dalam 13 tahapan. Di dalam kalender tersebut bisa terbaca sangat detil. Dalam satu tahapan ternyata masih terbagi dalam 20 masa evolusi. Nah, saat ini, jika bersandar dari penanggalan Suku Maya, maka bumi dan seisinya sudah berada di Tahapan yang ke 13 dengan sudah pada masa yang ke 20. Masa evolusi yang terakhir ini adalah dari tahun 1992 sampai 2012 ini.
Karena itulah, jika melihat dari kalender suku Maya, maka Siklus besar yang sedang terjadi akan segera berakhir dan itu artinya akan terjadi sebuah perubahan besar besaran dalam kehidupan manusia. Peradaban yang akan ada tidak ada hubungannya dengan peradaban sekarang ini. Yang penting untuk dicatat juga, bahwa suku Maya tidak menjelaskan penyebab berakhirnya peradaban yang sekarang.
Ada yang mengatakan bahwa berakhirnya peradaban yang dimaksud adalah transisi kesadaran manusia dan spiritual kosmis. Ahli sejarah Suku Maya yang lain ada yang besepakatan, bahwa berakhirnya siklus besar itu bukan kiamat tetapi diinterpretasikan sebagai peralihan awal yang baru. Tetapi rumor sudah sedemikian berkembang. Yang mengatakan akan terjadi bencana kosmik yang akan menghancurkan kehidupan di tanggal 21 Desember 2012. Bencana yang dipengaruhi oleh keadaan benda benda di angkasa.
Para ahli astronomipun berusaha membantah dan meluruskan. Jika memang akan tabrakan antara benda langit terutama yang menabrak bumi. Maka mereka bisa memastikan bahwa itu musahil. Karena bila ada benda angkasa yang akan mengarah ke bumi, maka menurut ahli planet, Don Yeomans dari pengamatan dari Laboratorium Propulsi Jet NASA,tidak ada obyek yang akan menabrak bumi pada tanggal 21 Desember 2012. Kalaupun ada benda yang mendekati bumi, itu akan terjadi pada tanggal 13 Februari 2013 dan itu juga tidak menabrak bumi.
Menurut rumor yang ada, akan terjadi aktivitas tidak biasa di matahari. Munculnya lidah api yang akan bisa berdampak pada benda elektronik dan navigasi di bumi. Lika Guhathakurta, Lika Guhathakurta, mengakui memang benar bahwa matahari sedang dalam fase aktif di siklusnya. Tapi sudah dipantau dengan cermat. Sehingga bila ada aktivitas abnormal aka nada peringatan. Dan menurutnya aktivitas itu berdampak kecil bagi bumi. Sehingga ketakutan akan gelombang panas di bumi, yang terjadi puluhan juta tahun yang silam tidak akan terjadi.
Ada rumor yang mengatakan , bahwa bumi akan mengalami terbaliknya medan magnet secara tiba tiba dan bumi akan bergeser letak sekitar 30.000 tahun cahaya lalu jatuh di lubang hitam di inti galaksi. Menurut para ahli, itu sebuah rumor yang tidak mendasar.
Bagaimana kita menyikapinya? Sekarang kita sudah menginjak bulan desember 2012. Apakah anda takut? Atau tidak peduli. Setiap kita mempunyai kepercayaan masing masing. Maka mari kita pegang kuat keyakinan kita dengan tetap mempertimbangkan hal hal yang secara ilmiah memang sangat logis terjadi.
Ken Shara Odza



Powered by Blogger.