Beranda » Al Quran Kuno Di Dunia Maya !

Al Quran Kuno Di Dunia Maya !



1355322093743831953
Salah satu Univeristas terkemuka di Inggris,Cambridge University menrbitkan berbagai manuskrip kuno keagamaan versi digital yang diterbitkannya melalui perpustakaan digital.Manusskrip-manuskrip kuno yang terdiri dari Sepuluh Perintah Tuhan,Al Qur’an abad ke delapan pertama sekali diterbitkan.
Menurut kalangan Universitas Cambridge ,bahwa tujuan dari penerbitan manuskrip-manuskrip kuno digital keagamaan itu adalah supaya ke 25.000 dokumen dan foto dokumen-dokumen kuno itu bisa dilihat secara luas oleh masyarakat internasional di internet.
Sebagaaian besar manuskrip-manuskrip kuno yang di terbitkan itu termasuk domumen penting dari Islam, Yudaisme,Kristen,Budha,Hindhu.Selain itu menurut laporan yang dirilis oleh laman situs BBC London juga termasuk dokumen-dokumen penting di bidang politik,sejarah dan budaya.
Sebagian dokumen-dokumen tersebut dilengkapi dengan gambar,serta yang lainnya merupakan hasil tulisan rakyat.Karenanya dokumen-dokumen tersebut sanagat penting untuk mengetahaui apa yang dilakukan masusia pada saat itu.Dokumen koleksi Cairo,Genizah merupakan gambaran kehidupan sehari-hari orang-orang Yahudi di Mesir dalam jangka waktu seribu tahun terakahir.
Sementara manuskrip koleksi Islam termasuk lembaran-lembaran ayat Al Qur’an dari abad ke 8 yang masih bisa diselamatkan,yang semuanaya terdapat di perpustakaan digital dengan alamat cudl.lib.cam.ac.uk.Dan juga mulai menerbitkan versi koleksi Islam dan juga koleksi bahasa Sanskerta.
Ayat-ayat Al Qur’an dari abad ke delapan tersebut tidaka ada yang berbeda dengan ayat-ayat Al Qur’an yang di tulis pada zaman modern ini,karena di masa Rasulullah SAW ayat-ayatnya di hafal,ditulis dan dicatat oleh para sahabatnya dengan sangat ketat pengawasannya dalam berbagai aspeknya.
Muhammad Nurdin



Powered by Blogger.