Beranda » Neil Armstrong Berbohong Soal Melangkah di Bulan

Neil Armstrong Berbohong Soal Melangkah di Bulan



Headline
Mendiang Neil Armstrong


Mendiang astronot disebut-sebut orang pertama mendarat di bulan, Neil Armstrong, berbohong mengenai kalimat terkenalnya. Benarkah?

Satu kalimat terkenal dari Armstrong, adalah ungkapan perasaannya ketika pertama kali menginjakkan kaki di bulan.

(That’s) one small step for man, one giant leap for mankind. Satu langkah kecil bagi seorang manusia, satu langkah besar bagi seluruh umat manusia.

Dalam buku ‘A Man on the Moon’, penulis Andrew Chaikin yang mewawancarai Armstrong menyatakan, sang astronot memikirkan kata-kata itu saat berada di pesawat ulang-alik. Hal tersebut ternyata tak benar. 

Adik Neil, Dean Armstrong, menyatakan sang kakak sudah memberitahunya soal kalimat itu sebelum berangkat ke bulan.

"Sebelum ia pergi ke Cape, ia mengundangku untuk menghabiskan sedikit waktu dengannya," kata Dean Armstrong, seperti dikutip The Telegraph. Setelah puas mengobrol dan bermain game, Neil menyodorkan sepucuk kertas padanya dan memintanya untuk membacanya.

Dean yang diwawancarai untuk acara dokumenter ini menyatakan, kertas itu berisi kalimat terkenal tersebut. Neil bertanya apa pendapat Dean.

“Ia mengundang saya agar kami bisa menghabiskan waktu bersama. Lalu ia mengajak saya bermain Game Risk dan saat itulah ia memberikan selembar kertas,” ujar Dean. 

Pada kertas itu tertulis kata "Satu lompatan kecil bagi seorang manusia, menjadi lompatan besar bagi umat manusia". "Apa yang kau pikirkan tentang itu?" tanya Neil.

“Saya bilang, luar biasa. Dia bilang, saya tahu kau akan menyukainya tapi saya ingin kau membacanya,” lanjut Dean.

Kontroversi kalimat ini sudah berlangsung lama. Seperti kata that’s yang tidak terdengar dalam rekaman suara Armstrong. Ia bersikeras mengucapkan kata that’s. Hingga akhirnya penyelidikan dan analisa pada 2006 membuktikan, bahwa Armstrong memang mengucapkan that’s, namun terpotong. Dalam bukunya, Chaikin juga menulis Armstrong kebanjiran saran kalimat yang tepat untuk diucapkan saat berada di bulan.





Powered by Blogger.