Beranda » Perang Romawi dan Persia Dimulai dan Uang Kertas Eropa Diluncurkan

Perang Romawi dan Persia Dimulai dan Uang Kertas Eropa Diluncurkan



PERANG antara Romawi dan Persia dimulai pada 5 Januari 603 yang kemudian berlangsung hingga 24 tahun. Perang ini terjadi akibat terbunuhnya Maurice, Kaisar Romawi yang merupakan pelindung dan sekutu dekat Khusrou Parvis, raja Iran saat itu.
Setelah kematian ayahnya, putra Maurice datang ke Iran untuk meminta pertolongan dari Khusrou Parvis. Khusrou Parvis kemudian mengirimkan pasukannya ke Romawi untuk membalas dendam atas kematian Maurice.
Dalam waktu singkat beberapa kota di Romawi berhasil ditaklukkan. Kaisar baru Romawi, yaitu Fukas, kemudian mengajak Khusrou Parvis berunding.
Namun, kemenangan yang diraih Khusrou Parvis  membuatnya merasa kuat dan menolak melakukan perundingan. Akibatnya, perang terus berlangsung hingga 24 tahun dengan kemenangan secara silih-berganti diperoleh Iran dan Romawi.
Mata Uang Kertas Pertama di Eropa
Masyarakat Eropa akhirnya berhasil mencetak dan mendistribusikan mata uang pertama pada 5 Januari 1691. Uang kertas pertama ini dicetak oleh Stockholm Bank di Swedia.
Sebelum dicetaknya uang kertas ini, rakyat Eropa menggunakan mata uang berupa logam empat persegi berukuran besar. Beberapa lembar dari mata uang kertas pertama itu kini masih tersimpan di Stockholm Bank.[] dbs



Powered by Blogger.